ASTAGAAA SETELAH SEKIAN LAMA BERHENTI NULIS, MARI LANJUTKAN KEMBALI!!!

 Ini merupakan lanjutan tulisan dari yang "Nulis Dulu Aja Karena Lagi Di Rumah Aja Ikut Social Distancing" 

Lamaa jugaa yaa janji buat lanjutin nulis, tapi malah kelewatan jauh  bgt wkwkwk.

Ohiyaaa, jadi pas bulan Maret 2020 itu kan mulai muncul pandemi covid-19 yaa di Indonesia, yangmana kuliah gua juga waktu itu diharuskan dirumahkan karena pandemi yang lumayan meresahkan. Dimana kuliah gua juga udh di tahap 3 dari 5 tahapan yang harus gua lalui, yaitu Ujian Komprehensif. Yaa walaupun agak mundur dari target yang udh gua buat. Dimana tahap 2 sebenernya udh gua selesaikan di bulan Desember, dan harusnya tahap 3 itu langsung lanjut di bulan Januari, tapi ya karena kelalaian gua semua jadi mundur lama banget. Jadi sebelum tahap 3 ini berlangsung, ada syarat dan ketentuan yang harus gua lakuin diantaranya yaitu praktek ibadah, praktek tilawah, dan praktek tahfidz 1 juz (juz 30). Nah untuk praktek ibadah dan praktek tilawah ini udh gua lewatin dari lama, bahkan yang praktek tilawah udh selesai dari gua semester 2, dan praktek ibadah selesai pas liburan di semester 4 mau masuk ke semester 5. Bodoh kan yaaa gua karena menyepelehkan praktek tahfidz gitu aja wkwkw, dahal basic pendidikan dari sekolah SMK bukan dari sekolah pesantren yang mungkin gampang ngapalin Al-Quran hihi. 

Hingga pada akhirnya praktek tahfidz baru gua mulai di bulan Febuari, karena bulan Januari gua juga masih leye-leye di rumah, istilahnya masih mau menikmati suasana rumah dimasa liburan gitu. Di bulan Febuari awal barulah gua ke Bandung dan mencari serta menghubungi Dosen praktek tahfidz gua. Dan gua kaget ternyata aturan dari dia gua harus 3 kali setoran doang juzz 30. Bayangin aja 37 surah harus disetorkan dalam 3 kali pertemuan. Sedangkan banyak surah yang belum gua hafal, cuma surah-surah pendek doang yang gua hafal, karena emang udh peraturannya begitu, yaudah gua ikutin. Mulailah gua ngisi waktu dengan ngahafalin ulang surah-surah yang udh gua hafal istilahnya mungkin murojaah kali yaa. Pertemuan pertama selesai dengan hafalan 15 surah pertama dari juzz 30. Mulai masuk surah-surah berikutnya yaitu surah-surah yang belum pernah gua hafalin sebelumnya, sedangkan waktu untuk pendaftaran tahapan ketiga yaitu maksimal di akhir bulan, dan juga kalau gua ga daftar di bulan Febuari maka ada kemungkinan gua ga akan bisa wisuda di semester 8 ini atau wisuda tepat waktu.

Mari gua jelaskan tentang tahapan ketiga ini yaa..

Jadi, tahapan ketiga ini merupakan ujian tertulis dan ujian lisan, yaa kalau di sekolah mungkin bisa dibilang kaya ujian nasional gitu dehh. Dimana pelajaran yang udh lu tempuh harus dipertanggungjawabkan di ujian komprehensif tahapan ketiga ini. Nah untuk bisa lulus dalam tahapan 3 ini ga gampang, ada standarisasi nilai kelulusan yang harus dicapai. Bayangin aja ujian nasional yang bikin panik pas semasa sekolah, dimasa perkuliahan ada lagi dan lebih menyeramkan aturannya. Minimal untuk bisa lulus tahapan ketiga ini adalah nilai akhir 55. HAH ? 55 susah ? yeeuhhhh jangan menyepelehkan wkwkw, buat dapetin nilai minimal ini banyak banget kakak tingkat gua yang harus mengeluarkan air mata karena nilai akhir yang didapet ga sesuai standarisasi yang diinginkan oleh jurusan gua. Dimana jika gagal, maka lu harus ujian lagi di bulan berikutnya, dan itu harus nunggu lagi, dan lu harus ketemu ujian yang soal-soalnya beda dari sebelumnya, gimana ga stress coba kan wkwkwk. Ohiyaa ujian ini sih emang dikasih keringan gitu, dimana jika 3 kali gagal ujian untuk mendapatkan nilai minimal 55, maka nilai yang rendah di bulan berikutnya diulang hanya yang nilai rendah ini aja ga semua harus di ulang. Lalu ? kalau nilainya masih rendah gimana ? lagi-lagi sih dikasih kemudahan, jadi diluluskan dengan lulus bersyarat. 

Nah balik lagi ke yang hafalan surah gua, dimana gua tinggal dua kali pertemuan lagi untuk bisa menyetorkan surah di juzz 30 ini, dimana sisa 22 surah lagi yang panjang-panjang. Bayangin waktu udh mepet untuk daftar ujian, dan juga ketakutan-ketakutan kalo gua ga bisa daftar ujian tahapan 3 ini mulai datang bersamaan dengan gua lagi ngahafalin surah. Ketakutan gimana kalau gua ga bisa daftar ujian, gimana tahapan 3 terkait ujian komprehensif gua, waktunya adalah bulan ini Febuari gua harus daftar agar bulan maret gua bisa ujian, dimana jika hal terburuk datang yaitu gua gagal ujian untuk mendapatkan standarisasi nilai minimal, gua bisa ikut ujian lagi di bulan april dan bulan mei jika masih terus gagal, dan di mulai juni gua bisa langsung melanjutkan tahapan 4 serta bulan juli gua bisa melakukan tahapan 5 untuk bisa lulus. Jadi untuk bisa wisuda tepat waktu, gua harus selesai tahapan 5 di bulan Juli, karena wisuda yang akan dilaksanakan yaitu di Bulan September, sedangkan untuk bulan Agustus udh ga akan bisa untuk gua bisa wisuda di bulan September, yang merupakan bulan untuk mahasiswa angkatan 2016 bisa lulus tepat waktu.

Febuari pertengahan mulai stress, waktu tidur kurang, sedangkan gua harus kebut sisa setoran 22 surah dalam satu minggu, dimana hari-hari gua pake buat hafalan, 2 hari kurang tidur yangmana hasilnya gua cuma bisa ngafal 10 surah doang, memberanikan diri setoran dengan keraguan yang luar biasa. Selanjutnya sisa 12 surah lagi yang panjang-panjangnya luar biasa, sedangkan waktu sisa 3 hari lagi untuk setor surah, dan terakhir hari jumat untuk bisa melakukan setoran karena Dosen gua ini harus berangkat umroh di hari Sabtu nya, dan udh ga ada waktu lagi untuk bisa setoran agar bisa selesai dan daftar buat ujian di tahapan 3. Satu hari cuma tidur 2 jam doang, sisanya dipake buat ngehafal, kamis malem jumat stress parah, udh ga kuat ngahafal, mikir macem-macem ga karuan karena bayangan ketakutan ga bisa lulus tepat waktu, nyalahin diri sendiri, ngebegoin diri sendiri, kepala dijedot-jedot ke kayu kosan ga jelas sampe sakit wkwk, tiba di hari jumat waktu terakhir untuk setoran surah, dimana malem sebelumnya surah terakhir di juzz 30 masih belum terlalu hafal. Datang pagi buta ke kampus, nungguin dosen praktek tahfidz gua dateng, disini gua jujur dan minta maaf ke dosen gua kalau gua kalau misal dalam pertemuan ketiga ini ga maksimal, lalu mulailah gua hafalan, masuk 3 surah terkahir agak ngeblank, 2 surah terakhir bisa dilewatin, masuk surah terkahir hafalan cuma bisa setengah ayat doang, ngeblank total, mulut seketika diem dan banyak ngucap istigfar, seketika dosen gua pun diem dan ga lama mulai ngomong, kok berenti ayo lanjut lagi, seketika itu jga gua langsung ngomong maaf dan ga bisa dilanjutin karena emang blank total dan bisa di bilang belum hafal kali ya, karena pas ngahafalinnya cuma sesaat dan sekedar baca aja. Beranikan diri bilang begitu biar dikasih keringanan, alhasil bener dikasih keringanan, gua dibolehin liat Al-Quran atau juzz amma yang gua pegang. Setelah selesai, ehh malah di kasih nilai jelek karena itu sebenernya ga boleh liat Al-Quran. Cuma ya yaudahlah, yang penting udh usaha dan gua selesai ujian praktek tahfidz ini biar bisa daftar ujian tahapan 3.

Alhamdulillah, akhirnya bisa daftar ujian tahapan 3 yang akan dilaksanakan di akhir bulan maret 2020. Artinya masih ada waktu kurang lebih satu bulan untuk gua belajar ujian komprehensif ini atau istilahnya ujian nasional ini. Dan minggu pertama bulan maret gua jga udh dapet jadwal dari PMMB BUMN untuk magang di Kantor Wilayah Bank BRI Bandung. Masuk minggu kedua bulan febuari, muncul jadwal ujian komprehensif yang akan dilaksanakan yaitu di sekitar tanggal 25-28 Maret 2020. Hingga pada tanggal 16 Maret, muncul surat edaran bahwa semua kegiatan belajar mengajar dihentikan selama dua minggu karena virus covid-19 mulai menyebar begitu cepat di Indonesia. Alhasil jadwal ujian komprehensif pun di tunda dan akan dilaksanakan bulan April antara minggu pertama atau minggu kedua. Akhirnya satu minggu kemudian, virus covid-19 semakin parah menyebarnya, dan pemberitaan di sosial media bahwa banyak daerah yang menutup diri atau lockdown, maka gua juga mutusin diri buat pulang ke Bekasi, karena ga akan bener kalau gua bertahan di bandung dengan keterbatasan makanan yang ada. Ninggalin kosan gitu aja, karena pemberitaan surat edaran yang libur 2 minggu, ehh taunya malah jadi sampe hampir 2 tahun kegiatan belajar mengajar harus online dan ga bisa offline.

Ehh jadi melenceng dikit kan wkwk, akhirnya ujian komprehensif gua pun jadi dilaksanakan online, dan mulai dilaksanakan di minggu pertama bulan april. Karena waktu buat belajar cukup lama karena diundur pelaksanaannya yang tadinya minggu ke empat bulan maret, jadi di minggu pertama bulan april, maka ujian komprehensif dapat gua lewatin dengan lancar, dan ketika pengumuman hasilnya tiba gua lulus dengan nilai yang lumayan ga bagus dan ga jelek dahh wkwk.

Ehh iyaa setelah lulus ujian komprehensif, di bulan Mei gua lanjutin nulis skripsi dan gua selesaikan skripsi gua dalam satu bulan. Dimana pada akhir mei gua daftar buat ikut ujian ditahapan 4 di bulan Juni yaitu Sidang kolokium/hasil/pra-skripsi. Beres sidang ujian tahapan 4 di bulan Juni, langsung daftar buat Sidang Skripsi di bulan juli. Hingga dapatlah jadwal sidang skripsi di tanggal  15 Juli, dan beberapa hari setelahnya gua dinyatakan lulus dan mendapatkan gelar Sarjana Sains (S.Si.) dengan status IPK sangat memuskan. Ohiyaa, semua tahapan sampai sidang skripsi gua lalui dengan online. 

Hingga sampailah dipenghujung, yang seharusnya wisuda bulan september 2020, karena pandemi covid-19 di bulan-bulan ini sedang di puncak-puncaknya maka wisuda pun jadi di undur ke bulan oktober dan dilaksanakan dengan online juga. Sedihh banget karena perjuangan 4 tahun kuliah, buat bisa di wisuda dengan membawa keluarga ke kampus tapi malah dilaksanakan online dan nama cuma di sebut dalam 4 detik doang, 4 tahun kuliah cuma dibayar penyebutan nama selama 4 detik lewat online. 

Comments

Popular posts from this blog

Materi dan Pengertian tentang LAN dan Jaringan Komputer

KOMUNIKASI DATA, KELAS 11

Kumpulan Materi IPA Kelas 9/Semester II ( Bab XII )